Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswa di Gunadarma '10 Lulusan dari MAN 13

Minggu, 08 Juni 2014

ANALISA JURNAL “Menuju Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Melalui Cloud Computing”

PENDAHULUAN
Jurnal penelitian ini berjudul “Menuju Pembangunan Pertanian Berkelanjutan Melalui Cloud Computing”. Tujuan secara umum dari jurnal ini adalah memberikan ketersediaan informasi pertanian yang relevan dan tepat waktu bagi petani melalui teknologi cloud computing untuk pengambilan keputusan dalam berusaha tani, sehingga efektif meningkatkan produktifitas, produksi dan keuntungan.

PERMASALAHAN
Permasalahan yang dihadapi pada jurnal ini adalah belum terbangunnya pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) secara efisien dibidang pertanian yang ada, sehingga perlu dibangun melalui sinkronisasi program litbang pertanian dengan lembaga penelitian lainnya dan juga melalui system pendidikan pertanian yang mampu menghasilkan peneliti yang berkemampuan dan produktif. Dengan mengintegrasikan TIK khusus-nya cloud computing  dalam  pembangunan  pertanian  berkelanjutan melalui peningkatan pengetahuan dan  wawasan petani, maka petani  akan  berpikir  dengan  cara  berbeda,  berko-munikasi secara  berbeda,  dan  mengerjakan  kegiatan  bertaninya  secara berbeda pula. Dengan mengintegrasikan TIK khusus-nya cloud computing  dalam  pembangunan  pertanian  berkelanjutan melalui peningkatan pengetahuan dan  wawasan petani, maka petani  akan  berpikir  dengan  cara  berbeda,  berko-munikasi secara  berbeda,  dan  mengerjakan  kegiatan  bertaninya  secara berbeda pula.

PEMBAHASAN TEORI
Pembahasan teori dalam jurnal penelitian ini dijelasakan dalam bentuk pendapat dari beberapa para ahli tentang definisi dari cloud computing, karakteristik cloud computing, komponen cloud computing, dan keuntungan dari cloud computing.

METODOLOGI PENELITIAN
Penelitian yang dijelaskan dalam jurnal ini menurut metodenya merupakan penelitian survey dan berdasarkan dari hasil penelitian yang telah ada.
Survey dilakukan dengan mendatangi langsung lokasi pertanian yang akan dijadikan bahan penelitian.

KESIMPULAN
Dari penelitian tersebut dapat dilihat bahwa pembangunan  pertanian  berkelanjutan  merupa-kan  isu penting  yang  strategis.  Dalam  menghadapi  era  globalisasi pembangunan  pertanian  berkelanjutan  tidak  terlepas  dari pengaruh pesatnya perkembangan IPTEK pertanian termasuk perkembangan  di  bidang  teknologi  informasi  dan komunikasi.  Integrasi  yang  efektif  antara  TIK  dalam  sektor pertanian  akan  menuju  pertanian  berkelanjutan  melalui penyediaan informasi pertanian yang tepat waktu dan relevan memberikan  informasi  yang  tepat  guna  kepada  petani  untuk pengambilan  keputusan  dalam  berusahatani,  sehingga  efektif meningkatkan  produktivitas,  produksi  dan  keuntungan.
Pemanfaatan  cloud  computing  sebagai  sumber  segala informasi  pertanian  dapat  memperbaiki  aksesibilitas  petani dengan  cepat  terhadap  informasi  pasar,  input  produksi,  tren konsumen,  yang  secara  positif  berdampak  pada  kualitas  dan kuantitas  produksi  mereka.  Informasi  pemasaran,  praktek pengelolaan  ternak  dan  tanaman  yang  baru,  penyakit  dan hama  tanaman/ternak,  ketersediaan  transpor-tasi,  informasi peluang  pasar  dan  harga  pasar  masukan  maupun  hasil pertanian  sangat  penting  untuk  efisiensi  produksi  secara ekonomi.
Beberapa hambatan dalam pemanfaatan TIK khususnya cloud computing untuk menuju pembangunan pertanian berkelanjutan di antaranya adalah: belum memadainya kapasitas di bidang teknologi informasi, infrastruktur penunjang tidak mendukung operasi pengelolaan dan penyebaran informasi pertanian yang berbasis teknologi informasi, belum memadainya biaya untuk operasional teknologi informasi terutama untuk biaya langganan ISP untuk pengelolaan informasi melalui internet/cloud computing, dan tempat akses informasi melalui aplikasi teknologi informasi masih terbatas.

1 komentar:

chikimo mengatakan...

artikelnya sangat bagus lanjutkan.salam st3telkom

Posting Komentar