Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswa di Gunadarma '10 Lulusan dari MAN 13

Rabu, 02 November 2011

Aplikasi New Media


1.    Facebook

Facebook adalah sebuah Web Jejaring sosial yang mempertemukan orang-orang diseluruh dunia, saat ini hampir semua pengguna internet di Indonesia atau bahkan di Dunia ini menggunakan atau memiliki account facebook, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Jejaring social ini telah membuat para penggunanya terhipnotis dan asiiik dengan aplikasi-aplikasi yang diberikan/disediakan, seperti melengkapi kekurangan jejaring social sebelumnya yang juga cukup banyak digunakan yaitu Friendster.

          Fitur-fitur pada facebook :

1. Status update, yang memungkinkan kita mengetahui keadaan teman-teman kita tanpa harus bertemu/berkomunikasi langsung dengannya. Dengan Facebook, kita dapat mengetahui kondisi dari banyak teman-teman kita dalam waktu yang sama, kapan saja. Kita juga akan lebih tahu berita-berita terkini yang sedang ramai dibicarakan oleh teman-teman kita.

2. Photo tagging, yang membuat kita dapat mengetahui nama-nama dari orang-orang yang ada di sebuah foto. Selain itu, foto-foto yang memuat diri kita pun dikumpulkan jadi satu, sehingga mudah dicari.


3. Real screen name, saat pendaftaran, Facebook mewajibkan nama minimal terdiri dari dua kata, dan harus merupakan nama asli. Berbeda dengan Friendster yang penggunanya banyak menggunakan nama-nama yang lucu atau nama-nama samaran, di Facebook sebagian besar penggunanya (setidaknya teman-teman saya) menggunakan nama aslinya sebagai screen name mereka. Ini memudahkan kita dalam mencari teman kita.

4. Neat design. Menurut saya, design Facebook tergolong sangat rapi. Penggunanya tidak diberikan hak yang berlebihan untuk mengganti design profile-page-nya (seperti mengganti background picture, font tulisan, dan sebagainya yang bisa membuat tulisan menjadi sulit terbaca, dan lain-lain).

5. Ajax Technology, yang memungkinkan bagian tertentu dari sebuah halaman dapat di-update tanpa harus me-refresh /membuka kembali halaman itu.

6. Games. Ada banyak games yang terintegrasi dengan Facebook. Sebagian besar games tersebut memungkinkan kita dapat berinteraksi dengan teman-teman kita di Facebook di dalam games tersebut. Banyaknya games juga didukung oleh diperbolehkannya setiap orang untuk membuat aplikasi Facebook sendiri.

7. Birthday List, yang membantu mengingatkan kita teman-teman kita yang berulang tahun.

8. Privacy Control, yang memungkinkan kita untuk mengatur content-content apa saja yang dapat diakses secara publik, atau hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya.

9. “Like” Feature, sebuah fitur yang sangat bagus menurut saya, untuk mengapresiasi teman-teman kita. Sebaliknya, kita tentunya senang bukan bila ada teman-teman kita yang suka dengan status kita? Hehe…

          Keunggulan facebook :
1. Clean layout. Layout yang sangat baik walaupun ada beberapa menu yang posisinya tidak gampang ditemukan.

2. No advertising. Tanpa banner ataupun iklan gambar yang mencolok. Facebook memiliki block atau feature, yaitu flayer untuk mengiklankan sesuatu, tapi pengguna tidak akan menyangka itu adalah iklan.

3. Network. Pada awal pembuatan account, kita disuruh memilih jaringan utama kita berdasarkan negara. Dengan fitur ini, kita dengan mudah menemukan teman yang berada di Indonesia.

4. Group. Berbeda dengan Friendster yang mengharuskan kita membuat account untuk komunitas atau sekolah, di Facebook kita bisa membuat group, di mana group ini memiliki fitur yang sangat baik untuk membentuk komunitas online, seperti diskusi, foto, wall atau testimonial, dan fitur lainnya.

5. Photo Album. Kita bisa membuat foto album sehingga foto kita bisa dibuat kategori, dan fantastisnya jumlah foto tidak dibatasi alias unlimited.

6. Selling. Facebook memiliki fitur yang memungkinkan kita menawarkan barang atau jasa ke pengguna lainnya.

7. Event. Kita bisa mengisi event atau kegiatan yang kita ingin pengguna lain mengetahuinya. Misalnya ada pesta, atau launching produk, kita bisa mengisi event dan pengguna lain bisa melihatnya.

8. Status update. Kita bisa mengisi status kita sedang apa saja. Misalnya sedang di rumah, lalu pergi kuliah, semua itu bisa di- update dan bisa dilihat oleh pengguna lain. Jadi, kita bisa tahu kegiatan sehari-hari teman kita.

9. Mobile access. Fitur yang sangat mobile, kita bisa update status, add friend, atau kegiatan di Facebook lainnya dengan mengirim SMS. Hampir sama dengan SMS Banking.

10. Mobile Browsing. Kita bisa mengakses website Facebook langsung melalui handphone. Dengan tampilan yang disesuaikan kondisi handphone, akses lebih mudah dan cepat di- banding mengakses website dengan tampilan desktop dari handphone.

11. Anti fake account and Spam. Facebook memiliki fitur yang dapat mencegah account palsu dan spam. Untuk mendaftar dengan nama yang bisa dicurigai account palsu, kita harus mengirim request ke email untuk dibuatkan account oleh technical support Facebook. Untuk tiap aksi posting, kita harus mengisi CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) untuk mencegah spam. Jika tidak ingin terus menggunakan CAPTCHA, kita bisa memverifikasi account dengan mengirim konfirmasi ke HP kita kemudian mengisi form verifikasi sesuai kode yang dikirim ke account kita.

12. Develop your Facebook widget. Kita bisa membangun aplikasi kemudian dipasang di profil kita menggunakan Application Program Interface dari Facebook platform. Aplikasi ini bisa untuk game, feed reader, dan aplikasi lainnya.

          Kelemahan facebook :

1. Mail confirmation yang masuk ke bulk pasca proses pendaftaran member, bukannya masuk inbox e-mail pribadi, membuat proses pendaftaran sedikit tidak efisien.

2. Fitur yang berlimpah, sempat membuat saya agak ’grogi’ dan hambur waktu untuk menelaah fitur Facebook satu per satu.

3. Unlimited application dihalaman profil membuat proses loading memakan banyak waktu. Adakalanya, berlimpahnya aplikasi membuat saya sedikit terganggu ketika banyak rekan mengajak untuk join aplikasi.

4. Kustomisasi layout-nya sedikit rumit, sehingga bagi saya yang menyukai penyegaran tampilan secara berkala, proses kustomisasi Facebook ini rasa-rasanya kurang ramah pakai bagi para member.

2.   Twitter

Twitter adalah sebuah situs web yang dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter Inc., yang menawarkan jaringan sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan(tweets).

          Fitur-fitur pada twitter :

1. Halaman Utama (Home) : Pada halaman utama kita bisa melihat kicauan yang dikirimkan oleh orang-orang yang menjadi teman kita.

2. Profil : Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta kicauan yang sudah pernah dikirim-tampil.

3. Pengikut (Follower): pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi pengikut akun seseorang, maka kicauan seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.

4. Ikutan (Following) : Kebalikan dari pengikut, ikutan adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar kicauan yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.

5. Gamitan(Mentions) : Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara.

6. Favorit : Kicauan ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.

7. Pesan Langsung (Direct Message): Fungsi pesan langsung lebih bisa disebut Sms karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.

8. Tagar (Hashtag) : Tagar yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga.

9. Senarai (List) : Pengguna twitter dapat mengelompokkan ikutan mereka ke dalam satu grup atau senarai sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para nama pengguna  (username) yang mereka ikuti (follow).

10. Topik Hangat (Trending Topic) : Topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan.

          Keunggulan twitter :

1. Mudah dinavigasi dan memperbarui, “link to” dan mempromosikan apapun.

2. Menjangkau lebih luas tidak hanya antara teman

3. Satu feed untuk semua pengguna dan siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir

4. Alat komunikasi yang murni dan cepat tanggap

5. Kamu tidak harus log in untuk mendapatkan update. Kamu bisa menggunakan aplikasi RSS reader

6. Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka

7. Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)

8. Pesan teks SMS berpotensi untuk memberi pendapatan dari jaringan nirkabel

9. Potensi periklanan di masa mendatang atau perusahaan berbasis langganan

10. Twitter mungkin lebih terukur dari Facebook dan memberikan keuntungan biaya

          Kelemahan twitter :

1. Kemampuan terbatas: menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung

2. Dibatasi sampai 140 karakter per update

3. Tidak semua orang menemukan manfaat langsungnya

4. Lebih menekankan pada penghitungan follower

            5. Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan

            6. Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal

            7. Belum ada strategi keuangan yang mudah dan jelas

          Manfaat dari facebook dan twitter :

Keberadaan situs jejaring sosial ini memudahkan kita untuk berinteraksi langsung secara mudah dengan teman atau kerabat kita bahkan orang-orang dari seluruh belahan dunia dengan biaya yang lebih murah dibandingkan menggunakan telepon seluler, surat dan lain-lain. Selain itu, dengan adanya situs jejaring sosial, penyebaran informasi dapat berlangsung secara cepat.


Dalam bentuk powerpoint bisa download disini : Download Here

Sumber:

  •  http://blog.ub.ac.id/ghalibgalbimiman/2011/03/25/19/
  •  http://khairantulen.wordpress.com/2009/01/29/kelebihan-kekurangan-friendster-dan-facebook/
  •  http://requestartikel.com/inilah-beberapa-keunggulan-facebook-201101442.html
  • http://www.facebook.com/notes/anekakulit/9-fitur-facebook-yang-paling-disukai/122448401127072

0 komentar:

Posting Komentar