Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswa di Gunadarma '10 Lulusan dari MAN 13

Kamis, 29 September 2011

New Media


Definisi new media

New media adalah istilah yang luas dalam studi media yang muncul di bagian akhir dari abad ke-20 . Sebagai contoh, media baru mengulurkan kemungkinan on-demand akses ke konten kapan saja, di mana saja, pada setiap perangkat digital , serta umpan balik dari pengguna yang interaktif, partisipasi kreatif dan pembentukan komunitas di sekitar konten media. Harapan lain yang penting dari new media adalah " demokratisasi " karya, penerbitan, distribusi dan konsumsi isi media. Apa yang membedakan media baru dari media tradisional adalah digitalisasi konten ke bit. Ada juga aspek dinamis produksi konten yang dapat dilakukan secara real time, tetapi penawaran ini kurangnya standar dan belum mendapatkan traksi.

Jadi dapat disimpulkan bahwa new media itu adalah suatu teknologi yang diakses secara digital, bersifat demokrasi dan dapat berinteraksi secara interaktif.

Pandangan terhadap new media

New media ini mendapatkan respon yang sangat baik di mata masyarakat luas, karena dengan adanya new media ini kita dapat berinteraksi sosial secara luas dan mendapatkan banyak sekali informasi yang belum kita ketahui.

Manfaat new media 

Manfaat dari new media itu sendiri adalah kita dapat berinteraksi sosial secara luas dan memiliki pengetahuan yang sangat luas, yang membuat kita tidak ketinggalan akan zaman teknologi yang semakin maju ini. Selain itu kita juga dapat menjadikan new media ini sebagai lahan usaha contohnya Blog yang memuat barang dagangan yang kita miliki, disini kita bisa mempromosikan dagangan kita tersebut.

Komponen new media

Produsen     : yang membuat suatu new media
Distributor   : yang menyebarluaskan/menginformasikan new media kepada para konsumen
Konsumen   : yang menggunakan new media tersebut

Aplikasi new media

1. Facebook


Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas seperti kota, kerja, sekolah, dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain. Orang juga dapat menambahkan teman-teman mereka, mengirim pesan, dan memperbarui profil pribadi agar orang lain dapat melihat tentang dirinya. Di facebook kita bisa menemukan teman kita yang sudah lama tak bertemu dan juga dapat menemukan banyak teman baru yang berasal dari seluruh dunia.
Selain itu kita bisa menyimpan foto dan video di Facebook. Kita juga bisa sharing kepada teman-teman kita jika punya foto atau video baru, yang dapat dilihat saudara dan teman kita yang jauh, atau mengutarakan isi hati kita terhadap perasaan yang sedang kita rasakan saat ini.

Konten yang terdapat dalam Facebook :
  • Pada bagian kanan bawah di page profil, terdapat konten chat yang berfungsi untuk chating kepada teman kita yang sedang online
  • Pada bagian atas facebook terdapat konten search engine yang berfungsi untuk mencari seseorang yang memiliki facebook
  • Pada bagian kanan di page facebook terdapat konten album foto yang memungkinkan teman-teman kita melihat foto-foto yang ada di album kita.
  • Pada bagian kiri juga terdapat list friend yang menandakan ada berapa teman kita dan memungkinakan orang lain melihat teman kita
  • Di bagian wall terdapat konten coment, konten coment berfungsi dapat membalas wall atau update status kita.
  • Selain itu masih banyak lagi konten-konten yang tidak masuk dalam default facebook, tetapi kita dapat memasukkannya seperti konten game, deskripsi diri dan lain lain.

2. Youtube

YouTube adalah media untuk upload video secara gratis dari file anda dan bisa di share secara online. YouTube sangat cocok bagi kita yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel karena kebanyakan YouTube di video-kan dalam bentuk lisan oleh authornya.

Konten yang terdapat pada YouTube :

  • Dibagian home terdapat sebuah konten yang digunakan untuk mengupload video.
  • Dibagian atas web terdapat search engine yang memudahkan kita melihat video – video apa saja yang terbaru dan terpopuler, selain itu dalam setiap video terdapat kolom komentar untuk mengomentari video.
  • Dibagian bawah web terdapat menu-menu yang memudahkan pengunjung, contohnya bahasa,untuk memilih bahasa yang di tampilkan saat menjelajahi web.
  • Report a bug, berfungsi untuk melaporkan jika terdapat halaman yang eror.
  • Location, berfungsi untuk menentukan daerah mana saja video yang ditampilkan.
  • Safety mode, berfungsi untuk pencarian yang akurat.

3. Wikipedia


Wikipedia merupakan ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyumbangsih dari seluruh dunia. Situs ini merupakan situs wiki, yang berarti siapapun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.

Konten yang terdapat dalam Wikipedia :

  • Pada bagian atas web terdapat search engine yang memudahkan kita untuk mencari informasi yang kita inginkan
  • Pada bagian kanan web terdapat pilihan bahasa yang tersedia yang berfungsi untuk memudahkan kita dalam memahami artikel yang sedang di baca
  • Pada bagian atas terdapat fitur sunting dan versi terdahulu yang berfungsi untuk menyunting artikel dengan suntingan kita yang lebih baik dibandingkan artikel sebelumnya
  • Di web ini juga dapat mencetak artikel dalam bentuk pdf yang tersedia dalam fitur di sebelah kanan web

Sumber : en.wikipedia.org
                albar10.wordpress.com
                ichulll.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar