Mengenai Saya

Foto saya
Mahasiswa di Gunadarma '10 Lulusan dari MAN 13

Senin, 11 Oktober 2010

Cara Compile dan Run File Java di Command Prompt Bagi Pemula

Masih banyak diantara para pemula yang masih bingung bagaimana caranya untuk menjalankan aplikasi java pada pc atau laptopnya? padahal sudah di install... tapi tidak tahu bagaimana cara untuk membuka dan menggunakannya?

Kemudian dengan dasar inilah saya mencoba untuk mencari tahu bagaimana menyelesaikan permasalahan diatas! Alhasil.Alhamdulillah saya mendapatkan solusi pemecahan masalahnya...

Nih cara mudah untuk compile dan run filenya.....
Perhatikan dan konsentrasi penuh...


1. pilih menu start, klik kanan my computer, lalu klik properties.



2. sesudah itu, pilih advanced, kemudian klik dibawahnya yang bernama environment variables,
nah abis itu kan keluar user variables dan system variables...
kamu klik new untuk user variables.




3. isi variable name : path
variable value : contoh : C:\Program Files\Java\jdk1.6.0_21\bin



4. begitu juga dengan system variable, kamu klik new kemudian isi :
variable name : CLASSPATH
variable value : contoh : .;C:\Program Files\Java\jre6\lib\ext
tambahkan ".;" di depan C

5. setelah itu klik ok,ok. lalu jangan lupa di restart dulu komputernya...

6. kalau sudah di restart, coba kamu buka command prompt. lalu tulis java.
kalau hasilnya sudah seperti ini kita lanjutkan lagi dilangkah selanjutnya...



7. setelah itu kamu tulis lagi yaitu javac dicmd kamu....
kalau sudah seperti dibawah ini dan dilangkah sebelumnya berarti sudah berhasil...



8. coba ketik printah ini di notepad : save dengan nama Tes.java



9. terus kalau sudah di compile di command prompt. dan inilah hasilnya...



mudah bukan?? kalian pasti bisa....

Nb : saat menyimpan hasil java, lihat dimana program java tersebut bisa tersimpan.
contoh : di komputer saya tempat menyimpannya di C:\Documents and Settings\taqy

kalau mau download jdk yang sama dengan saya seperti contoh diatas, nih saya sediakan linknya...

download here : Download :)


semoga hasil kerja keras saya ini dapat bermanfaat....
kurang lebihnya mohon maaf, dan semoga berhasil dengan mencontoh tutorial dari saya....

2 komentar:

Achmad mengatakan...

Wah..bermanfaat sob, kunjngi balik ya blog sya di :

http://top-ilmu.blogspot.com/2012/12/cara-compile-program-java-di-cmd.html

thx. :)

Unknown mengatakan...

hmm tadi aku ke web : top-ilmu belum sempurna jadi ada errornya haha sekarang udah bisa hehe Alhamdulillah
jazakallah khoiron

Posting Komentar